Newest Post
// Posted by :Yusuf baktiar
// On :Senin, 10 Juni 2019
Cara
pembuatan table pada microsoft word
Tabel merupakan sekumpulan kotak yang terdiri dari baris
dan kolom. Tabel pada microsoft word biasanya digunakan untuk mempermudah
pengolahan data agar lebih mudah dipahami. Adapun cara pembuatan tabel pada
microsoft word adalah sebagai berikut :
- langkah pertama yang dilakukan adalah meletakkan
kursor pada tempat yang ingin di buat tabel.
- Masuk ke kolom insert dan pilihlah table. Disini kita dapat memilih
berapa tabel yang ingin dibuat, dan juga dapat menggambar tabel sesuai
dengan bentuk yang diinginkan.
- Untuk memasukkan teks pada tabel cukup dengan
memasukkan kursor ke dalam tabel yang ingin ditulis.
Setelah tabel diselesaikan tentunya ada beberapa cara
yang dapat dilakukan untuk pengeditan tabel agar tabel yang diinginkan sesuai
dengan yang diharapkan. Cara cara yang dapat dilakukan untuk melakukan
pengeditan pada tabel yang telah di buat antara lain :
- Setelah tabel dibuat, maka akan muncul kolom design
dan layout untuk pengeditan tabel. Untuk tombol design memiliki fungsi
sebagai berikut :
- Untuk menyesuaikan border yang diinginkan klik
border pada table styles. Disini kita dapat memilih border yang
diinginkan.
- Dalam table styles juga dapat memilih gaya tabel
yang diinginkan.
- Shading dapat merubah warna tabel yang diinginkan.
- Penyesuaian ketebalan garis pada tabel dapat
dilakukan di draw border.
- Pada kolom layout tentunya juga memiliki fungsi
tertentu. Adapun fungsi dari kolom layout adalah sebagai berikut :
a.
Tombol
select berguna untuk memilih baris atau kolom yang diinginkan.
b.
Tombol
delete berguna untuk menghapus baik itu isi tulisan yang ada dalam kolom (
cells ), maupun table itu sendiri.
c.
Untuk
melakukan penambahan table dapat menggunakan insert above untuk penambahan
keatas, insert below untuk penambahan table ke bawah, insert left untuk
penambahan table ke kiri, dan insert right untuk penambahan table ke kanan.
d.
Marge
cells berguna untuk menyatukan beberapa kolom dengan cara melakukan block untuk
kolom yang ingin disatukan.
e.
Untuk
penentuan ukuran table yang diinginkan, kita dapat mengubahnya di cell size.
f.
Jika
ingin melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian ataupun pembagian agar
lebih mudah dapat menggunakan formula pada kolom data.
Cara
cara menggunakan formula pada microsoft word :
Formula digunakan untuk mempermudah melakukan berbagai
kegiatan matematika pada microsoft. Berikut cara yang dapat digunakan untuk
menggunakan formula pada ms. Word
- pertama siapkan table yang akan dimasukkan
formulanya.
- masukkan rumus formula
- Pastikan table yang dipilih dalam rumus
matematikanya berisi angka dan tidak ada huruf di dalamnya.
- Dalam penggunaannya, banyak sekali fungsi formula
tersebut. Seperti fungsi (SUM) digunakan untuk melakukan penjumlahan,
AVERAGE untuk melakukan rata rata, dan masih banyak fungsi lainnya.
- Untuk melakukan rumus formula harus diawali dengan
tanda sama dengan (=). Dilanjutkan dengan fungsi yang dipilih. Serta penambahan
tujuan yang akan dituju ( LEFT, RIGHT, ABOVE, dan BELLOW )
https://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/membuat-daftar-isi-dengan-tabulasi-dan.html membuat daftar isi dengan tabulasi dan table of contents microsoft word