Newest Post

// Posted by :Yusuf baktiar // On :Senin, 10 Juni 2019


Penggunaan fungsi atau rumus sangat diperlukan dalam microsoft exel, hal ini berguna untuk mempermudah dalam penyelesaian tugas khususnya yang berhubungan dengan rumus matematika. Kali ini kita akan membahas tentang beberapa rumus dalam microsoft exel yakni autosum, product, sumproduct, min dan max.
  1. Autosuum
Autosum yaitu penjumlahan otomatis dalam microsoft exel yang bertujuan untuk mempermudah melakukan penjumlahan tanpa harus menulis rumus secara terus menerus.
Cara penggunaan autosum ini tergolong cukup mudah yakni dengan cara memilih atau melakukan block pada data yang ingin dijumlahkan lalu klik auto sum. Cara lain yang dapat dilakukan yakni dengan cara meletakkan kursor pada bagian kanan kolom yang ingin dijumlahkan lau klik Alt + =. Maka akan muncul rumus penjumlahan. Selanjutnya klik enter.
  1. Product
Rumus fungsi product digunakan untuk mengalikan suatu cell dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Cara menggunakan fungsi ini yaitu dengan meletakkan = (sama dengan) pada awal rumus, diikuti dengan PRODUCT selanjutnya masukkan cells yang ingin dikalikan ke dalam tanda kurung, setiap cells dipisah dengan tanda : ( titik dua ), lali klik enter . Contohnya =PRODUCT (A1:A2:A3). Atau dapat juga dengan menggunakan rumus matematika =A1*A2*A3.
  1. Sumproduct
Penggunaan fungsi sumproduct bertujuan untuk melakukan penjumlahan terhadap cells yang ada atau beberapa cells yang dipilih . Cara penggunaan fungsi sumproduct yakni dengan mengarahkan kursor pada tabel yang ingin dijumlahkan baik itu bagian atas table yang ingin dijumlahkan, bagian bawah, maupun bagian sampingnya. Masukkan rumus sum product yakni dengan memasukkan =SUMPRODUCT(pilih bagian cells yang ingin dijumlahkan dalam satu rentetan ) misalnya A1:A2:A3 atau dapat juga A1:B1:C1 dll, namun tidak dapat melakukan pada rentetan yang berbeda misalnya A1:B3:A2
  1. Min
Penggunaan fungsi min pada microsoft exel bertujuan untuk melihat data terkecil yang ada pada tabel yang kita buat. Cara penggunaan fungsi ini yaitu dengan memasukkan tanda =Min(pilih cell yang ingin dilihat data terkecilnya) lalu tekan enter. Maka dari data yang terpilih akan terlihat bagian data yang terkecilnya berapa.
  1. Max
Berbeda dengan min yang melihat data terkecil, fungsi max bertujuan untuk melihat data terbesar yang ada pada tabel yang dibuat. Cara penggunaan fungsi ini juga sama yakni dengan memasukkan rumus fungsu =MAX(cell yang ingin dilihat data terbesarnya) lalu tekan enter.

baca juga :
https://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/membuat-daftar-isi-dengan-tabulasi-dan.html membuat daftar isi dengan tabulasi dan table of contents microsoft word

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © yusuf baktiar //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //